Langsung ke konten utama

Perusahaan Apple


Perusahaan Apple Inc.
I.Latar Belakang
Apple Inc. (sebelumnya bernama Apple Computer, Inc.) adalah sebuah perusahaan multinasional yang berpusat di Silicon Valley, Cupertino, California dan bergerak dalam bidang perancangan, pengembangan, dan penjualan barang-barang yang meliputi elektronik konsumen, perangkat lunak komputer, serta komputer pribadi. Apple Inc. didirikan pada tanggal 1 April, 1976 dan diinkonporasikan menjadi Apple Computer, Inc. pada tanggal 3 Januari, 1977. Pada 9 Januari, 2007, kata "Computer" dihapus untuk mencerminkan fokus Apple terhadap bidang elektronik konsumen pascapeluncuran iPhone.
Apple dikenal akan jajaran produk perangkat lunak diantaranya sistem operasi OS X dan iOS, pemutar musik iTunes, serta peramban web Safari, dan perangkat keras diantaranya komputer meja iMac, komputer jinjing MacBook Pro, pemutar lagu iPod, serta telepon genggam iPhone.
II.Tujuan
Steve Jobs mengatakan bahwa tujuan Apple didirikan bukanlah untuk mendapatkan uang. Tujuan kami adalah mendesain dan membangun lalu memberikan barang-barang bagus ke masyarakat. Kami percaya dengan cara begitu, orang-orang akan menyukai kami, dan sebagai gantinya,kami akan mendapatkan uang. Tapi kami memahami betul mengenai tujuan-tujuan yang kami miliki.
http://www.idbite.com/artikel/1097/15-quote-terbaik-dari-steve-jobs
III.Manfaat
1.    Strategi Aras Korporasi
Menjualnya secara eceran, melalui distributor ataupun melalui kerjasama dengan operastor selular adalah sebuah pilihan. Sebuah cara dalam berdagang dan ini tidak melanggar etika bisnis. Cara ini di pilih sebagai strategi perusahaan dalam berbisnis. Hal utama adalah bisa mendatangkan margin.
2.    Berkelas dan Eksusif
Dengan memilih tidak melayani pelanggan secara langsung, RIM dan Apple Inc ingin menonjolkan kesan mewah dan hanya untuk kalangan tertentu. Dengan Harga yang cukup tinggi dan dipaket bersama jasa operator selular artinya hanya oran-orang yang berduit saja yang mau secara rutin mengeluarkan biaya bulanan. Iphone dan Blackberry yang dibeli selain dari operator selular adalah produk “Haram”.
3.    Membangun Loyalitas
Salah satu sifat mendasar manusia adalah ingin dihargai dan diakui. Dengan menggunakan produk yang bukan sejuta umat, secara tidak langsung  penggunanya merasa bahwa mereka sebagian kecil kaum yang sukses secara materi. Loyalitas pada perangkat ini terus mereka pertahankan demi status sosial.
4.    Mengikat Konsumen
Cinta itu tumbuh karena kebiasaan,konon begitu katanya. Kewajiban berlangganan dalam waktu tertentu, minimal 2 tahun untuk bisa menggunakan Iphone akan membuat orang cinta  mati. Seperti nikotin atau zat adiktif, ada yang hilang jika berhenti memakainya. Apalagi ditambah dengan berbagai service tang menarik dari operator.
Penertapan stategi people management perusahaan apple merupakan perpaduan anatar pengoptimalan sumber daya manusia yang handal dan kerja tim dari berbagai fungsional untuk mencapai visi perusahaan.
IV.Pembahasan
Apple Computer (sekarang dikenal sebagai Apple, Inc) adalah kekuatan utama dalam revolusi Personal Computer (PC) yang berlangsung di tahun 1970-an dan’80s. Dan bahkan revolusi itu terus menerus berlangsung hingga saat ini, berkat inovasi yang terus-menerus dilakukan oleh pihak pengembang Apple. Saat pendiriannya, produk pertama yang dikeluarkan adalah The Apple I yang juga dikenal sebagai Apple-1, merupakan awal komputer pribadi dan merupakan nenek moyang dari semua komputer APPLE pada masa selanjutnya. Komputer ini dirancang dan dibangun secara hand made oleh Steve Wozniak dan Steve Jobs-lah yang mempunyai ide penjualan komputer. Produk Apple pertama ini pertama kali ditunjukkan ke publik pada April 1976 di Homebrew Computer Club di Palo Alto, California dan mulai dijual pada Juli 1976.
Berbeda halnya dengan Apple I yang masih menggunakan kayu sebagai casingnya, Apple II telah melakukan up grade berbeda dengan menggunakan casing dari bahan metal. Apple II diluncurkan pada April 1977, dan ditujukan untuk kebutuhan personal. Apple II ini telah mendukung Graphic, Bahasa BASIC, Visical (dengan Excel sebagai jendelanya), dan dilengkapi dengan game Oregon Trail. Apple II ini juga dilengkapi dengan twin floppy disk drive dan monitor. Apple II juga memiliki fitur yang terintegrasi keyboard, suara, plastik kasus, dan delapan internal slot ekspansi.
Pada awal tahun 1980-an, Apple Computer menghadapi meningkatnya kompetisi dari perusahaan lain. Saingan utama Apple Computer adalah Commodore. Walaupun Apple II telah dinyatakan siap platform karena Visicalc, Apple tetap menyiapkan Apple III untuk menyaingi IBM versi PC.
Pada Desember 1979, Steve Jobs dan teknisi grup komputer Apple melakukan tur ke laboratorium Xerox PARC dan dengan disaksikan peneliti dari Xerox, mereka mendemonstrasikan GUI (Graphic User Interface) pada computer Alto. Pada saat itu Steve Jobs menyadari pentingnya GUI pada computer masa depan daripada menggunakan interface berbasis teks (misalnya, perbandingan perintah dengan command prompt dibandingkan dengan perintah pada layar windows yang lebih nyaman).
Dalam pakta kerja samanya Xerox memberika akses pada Apple untuk menggunakan fasilitas yang dimiliki oleh Xerox selama 3 hari sebagai kompensasi nilai tukar saham yang kala itu mencapai $ 1.000.000. Selama masa itu, para ilmuwan Apple mempelajari liku-liku dari GUI atau interface WIMP sehingga menghasilkan computer Apple yang pertama kali berbasis GUI dan diberi nama LISA (konon nama ini berasal dari putri pertama Steve Jobs yang merupakan kepanjangan dari Locally Integrated Software Architecture).
Hanya saja, Local Intregated Software Architecture atau LISA bisa dibilang sebagai produk gagal APPLE karena walaupun LISA sudah dilengkapi dengan mouse dan GUI (Graphical User Interface), LISA dibandrol dengan harga sangat mahal, sekitar $10,000 dan LISA tidak Compatible dengan produk sebelumnya yaitu Apple II sehingga gagal melakukan penetrasi pasar.
Pada pada tahun 1984 Apple mengeluarkan produk baru yaitu MAC 128k dan mampu mendobrak dominasi IBM dan DOS pada saat ituSetelah 3 tahun sejak kesuksesan MAC 128k, Pada 1987 APPLE kembali meluncurkan MAC II yang ditambahi dengan dipasangnya Floppy Disk Slot (disket) serta juga memakai HardDisk sebagai penyimpan data, selain itu MAC II juga didukung 8-bit/256 Color Video.
Setelah itu Apple juga mengeluarkan Macintosh Color ClassicKomputer APPLE pertama yang layar nya berwarna, sudah ada Smiley icon-nya, dan pengaturan suara dan contrast melalui layar monitor.Kemudian pada tahun 1989, Apple mengeluarkan Mac Portable. Dijual seharga kurang lebih $6,500, dengan berat 6kg juga dilengkapi dengan Trackball (Trackpad) dan dilengkapi dengan battery yang mampu bertahan selama 10jamTAM (Twentieth Anniversary Macintosh) menyusul kemudian yang sempat dipromosikan melalui film Batman & Robin, dan sudah memiliki Sound Card dan Remote Control.
Melalui iMac inilah APPLE dapat kembali bangkit dari kebangkrutan yang melandanya selama 2 tahunSalah satu inovasi produk yang banyak kalangan menilai suatu kegilaan karena diproduksi tanpa menggunakan Keyboard, Mouse dan Monitor, dirilis pada tahun 2005Disebut-sebut sebagai komputer tertipis didunia dengan hanya seberat 1,5 Kg, Ketebalan bagian depan hanya 0,16 Inch dan bagian belakang 0,76 Inch. Yang menarik, casing laptop itu berbahan alumunium yang mudah didaur ulang dan komponen-komponennya dibuat dari bahan-bahan yang tak berbahaya. Tahun 2001 Apple kembali mengeluarkan Ipod, dan pada tahun 2010 mengeluarkan tablet fenomenal yang diberi nama Ipad.
Dilihat dari perkembangan produk yang dikeluarkan Apple dari tahun ke tahun, sangat terlihat inovasi yang dilakukan. Dari komputer pertama yang dikeluarkan dan masih berbentuk sederhana, berukuran besar serta memiliki fitur yang sangat sederhana, hingga saat ini mampu mengeluarkan produk fenomenal yang berbentuk stylish dan memiliki fitur yang sangat lengkap untuk sebuah tablet komputer.
Inovasi yang terus menerus, serta kemampuan untuk memahami kebutuhan dan pergerakan pasar sangat dibutuhkan agar produk yang dihasilkan bisa diterima dengan baik di pasaran. Tim Riset dan pengembangan yang dimiliki Apple berusaha dengan baik untuk mengetahui dan meneliti kebutuhan masyarakat akan produk komputer. Sebelum melaksanakan pengembangan produk, Apple inc juga melakukan beberapa tahapan, seperti:
a.  Perencanaan :
kegiatan perencanaan ini sering dirujuk karena kegiatan ini mendahului persetujuan proyek dan proses peluncuran pengembangan produk aktual. Sebelum menciptakan produk, perusahaan selalu merencanakan terlebih dahulu tentang konsep perkembangan konsep produk yang akan diciptakan.
b. Pengembangan Konsep :
Pada fase pengembangan konsep ini, kebutuhan pasar target diidentifikasi dan diteliti terlebih dahulu oleh pihak Apple, kemudian alternatif konsep-konsep produk akan dievaluasi, dan satu atau lebih konsep dipilih untuk pengembangan dan percobaan lebih jauh.
c.  Perancangan Tingkatan Sistem :
Fase perancangan tingkat sistem mencakup definisi arsitektur produk dan uraian produk menjadi subsistem-subsistem serta komponen-komponen yang dibutuhkan.
d.  Perancangan Detail :
Fase perancangan detail mencakup spesifikasi lengkap dari bentuk yang akan diciptakan, material dan toleransi-toleransi dari seluruh komponen unik pada produk dan identifikasi seluruh komponen standar  yang dibeli dari pemasok. Jadi segala sesuatunya dibuat lebih mendetail pada tahapan ini.
e.  Pengujian dan perbaikan :
Fase pengujian dan perbaikan melibatkan konstruksi dan evaluasi dari bermacam-macam versi produksi awal produk. Produk yang telah dihasilkan kemudian di uji untuk meminimalisis kesalahan dan kelemahan produk. Serta kelemahan yang ditemukan akan segera diperbaiki, hingga pada akhirnya akan menciptakan produk yang berkualitas dan sesuai dengan keinginan perusahaan.
f.   Produksi awal :
Pada fase produksi awal, produk dibuat dengan menggunakan sistem produksi yang sesungguhnya. Hasil perbaikan dan rancangan dari proses sebelumnya kemudian di analisis dan dijadikan dasar dalam kegiatan produksi awal.
Setiap produk memiliki masa daur hidup produk yang berbeda. Produk elektronik biasanya memiliki rentang waktu yang lebih sempit dibandingkan produk lainnya. Apple sangat menyadari pola daur hidup produk. Setelah melakukan tahapan sebelumnya dan menghasilkan produk baru, Apple mempersiapkan diri dengan mempersiapkan tahapan daur hidup produk (Product Life Cycle) sebagai berikut:
1. Tahap Perkenalan / Introduction
Pada tahap umumnya produk yang baru diciptakan belum dikenal dan diketahui oleh target konsumen sehingga dibutuhkan pengenalan produk kepada target pasar dengan berbagai cara. Namun ini berbeda dengan perusahaan Apple. Sebelum melemparkan produk di pasaran, Apple biasanya mengeluarkan rumor tentang jenis produk yang akan dikeluarkan. Ini merupakan daya tarik yang besar bagi Apple. Disaat produk lain belum dikenal di pasaran saat lounchingnya, namun produk apple sudah sangat ditunggu kehadirannya. Rumor tentang produk baru biasanya membuat konsumen target merasa penasaran dan menimbulkan keingin tahuan memiliki dan membeli produk tersebut. Jadi pada umumnya produk Apple akan langsung terjual habis di Lounching pertamanya.
2. Tahap Pertumbuhan / Growth
Pada tahap ini konsumen sudah mengenal produk yang dikeluarkan perusahaan. Adanya promosi yang dilakukan Apple semakin meningkatkan jumlah penjualan dan laba yang diperoleh. Pada tahapan ini banyak penjual dan distributor yang turut terlibat untuk ikut mengambil keuntungan dari besarnya animo permintaan pasar akan produk apple.
3. Tahap Kedewasaan / Maturity
Di tahap ini produk perusahaan mengalami titik jenuh dengan ditandai dengan tidak bertambahnya konsumen yang ada sehingga angka penjualan tetap di titik tertentu dan jumlah keuntungan yang menurun serta penjualan cenderung akan turun jika tidak dibarengi dengan melakukan strategi untuk menarik perhatian konsumen dan para pedagang. Karena sudah banyak pesaing, para pedagang mulai meninggalkan persaingan dan yang baru tidak akan banyak terlibat karena jumlah konsumen yang tetap dan cenderung turun. Untuk menyikapi fase ini, yang biasanya ditunjukkan dengan sudah berkurangnya permintaan akan produk, Apple melakukan strategi yaitu memberikan potongan harga terhadap produk tertentu, atau mengeluarkan produk penyempurna dari produk yang sebelumnya. Misalnya pada iphone, dikeluarkan penyempurnanya yaitu iphone 3gs, iphone 4 dan bahkan iphone 4s. Produk penyempurna ini biasanya merupakan perbaikan dari produk sebelumnya baik dari segi desain maupun fitur. Penyempurnaan ini bertujuan untuk memperpanjang fase kedewasaan.
4. Tahap Penurunan / Decline
Pada kondisi decline produk perusahaan mulai ditinggalkan konsumen untuk beralih ke produk lain sehingga jumlah penjualan dan keuntungan yang diperoleh produsen dan pedagang akan menurun drastis atau perlahan tapi pasti dan akhirnya mati. Apabila perusahaan tidak menemukan strategi yang bisa meningkatkan penjualan dan memperpanjang masa hidup produk, maka pada akhirnya akan terjadi penurunan dan produk tak akan laku lagi di pasaran.
V.Penutup (Kesimpulan)
Produk baru sangat penting dalam mempertahankan tingkat pertumbuhan dan keuntungan perusahaan serta menggantikan produk – produk yang sudah tidak disukai lagi oleh konsumen sehingga produk yang di hasilkan oleh produsen dapat selalu disukai dan mengikuti perkembangan dari permintaan apa yang disukai oleh konsumen.
Dengan beralihnya pandangan pasar ,dan produk sejenis juga sudah banyak yang dihasilkan produsen , maka para pelaku bisnis juga harus memikirkan bagaimana cara agar produk yang mereka hasilkan dapat diminati dan disukai oleh konsumen, maka para pebisnis melakukan proses pengembangan dan pengelolaan produk baru.
Apple adalah salah satu perusahaan yang sukses dalam mengembangkan produk baru. Hal-hal yang dilakukan antara lain : Membuat komitmen jangka panjang yang diperluakan untuk mendukung inovasi dan pengembangan produk baru ,Menggunakan pendekatan khusus perusahaan ,digerakkan oleh tujuan perusahaan dan strategi –strategi yang dimiliki oleh perusahaan ,yang telah ditegaskan sebagi strategi utama perusahaan mereka.
Apple senantiasa melakukan inovasi dan pengembangan terhadap produk, hal ini disesuaikan dengan kebutuhan dan selera pasar. Hal ini juga dilakukan untuk mencapai dan mempertahankan keunggulan bersaing ,Membangun sebuah budaya manajemen dalam perusahaan,struktur organisasi dan dukungan manajemen puncak yang kondusif guna mencapai tujuan spesifik produk baru serta tujuan perusahaan.
Salah satu persyaratan utama untuk melahirkan gagasan baru dengan suksesmemperkenalkan produk baru tersebut adalah sadanya dukungan dari manajemen puncak. Sebagai tambahan , beberapa kelompok atau struktur dalam organisasi dapat memberikan fasilitas bagi pengembangn dari produk baru . Hal ini termasuk komite dan departemen produk baru ,tim gabungan ,interpreneurs ,dan perencanaan paralel. Para manager memiliki kesempatan yang lebih baik untuk memasarkan produk dengan berhasil ,jika mereka mengerti tentang bagaimana konsumen mempelajari tentang produkdan menggunakannya .Seseorang yang membeli produk baru yang belum pernah dicoba sebelumnya kemungkinan akan menjadi seorang pengguna ( adaopter ) yaitu seorang konsumen yang cukup senang dengan pengalamanpertamanya dalam mencoba produk tersebut dan kemudian menggunakannya kembali.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BENUA ASIA

Benua Asia Asia merupakan benua terbesar dan berpopulasi terpadat di dunia dengan wilayah yang mencakup 8,6% permukaan Bumi yang meliputi 50 negara yang tersebar dari daratan luas Asia Kecil , Timur Tengah , hingga Samudera Pasifik . Sekitar 60% populasi dunia tinggal di Asia. Benua Asia dan Eropa merupakan benua yang terhubung lewat darat dan keduanya membentuk suatu benua raksasa yang disebut sebagai Eurasia . Batas antara Asia dan Eropa sangat kabur sehingga beberapa negara seperti Turki kadang-kadang dapat dimasukkan ke Asia maupun ke Eropa. Beberapa bentang alam yang sering dipakai untuk memisahkan kedua benua tersebut adalah Dardanella , Laut Marmara , Selat Bosporus , Laut Hitam , Pegunungan Kaukasus , Laut Kaspia , Sungai Ural (atau Sungai Emba ), dan Pegunungan Ural hingga Novaya Zemlya . Selain itu, Benua Asia dan Afrika juga memiliki perbatasan darat yang bertemu di sekitar Terusan Suez Pembagian Wilayah Benua Asia Terdiri dari lima  wilayah yaitu : Asia

KLASIFIKASI TUMBUHAN LUMUT DAN PAKU

Klasifikasi Tumbuhan Lumut Tumbuhan lumut diklasifikasikan menjadi tiga kelas, yaitu kelas Hepaticopsida (Lumut hati), kelas Anthocerotopsida (Lumut tanduk), dan kelas Bryopsida (Lumut sejati). Ketiga klasifikasi tersebut akan kita uraikan masing-masing dalam penjelasan berikut ini beserta dengan gambarnya. 1.        KELAS HEPATICOPSIDA (LUMUT HATI) Kelas Hepaticopsida meliputi 300 genus dan 6.000 spesies yang umumnya terdapat di daerah tropis dan daerah beriklim basah. Secara umum, lumut hati dibagi menjadi dua kelompok, yaitu Jugermanniidae yang berdaun dan Marchabtiopsida yang bertalus. a.        Kelompok Jugermanniidae Kelompok lumut hati berdaun terlihat sangat mirip dengan lumut pada umumnya. Jenis lumut ini mempunyai daun yang lebih sederhana dari lumut dan tidak memiliki tulang tengah yang disebut  costa.   Tangkai dari sporofitnya berwarna transparan (bening) sampai ke arah putih. Sporofit dari lumut hati mempunyai struktur sederhana yang terdiri
Struktur dan Fungsi Organ pada Tumbuhan Struktur dan Fungsi Organ pada Tumbuhan – Assalammu’alaikum, pagi yang indah, waktu yang cukup tepat untuk kita belajar, karena di pagi hari energi kita masih terkumpul , dan masih fresh,, pelajaran Biologi umum yang akan kita pelajari hari ini adalah Struktur dan fungsi organ pada tumbuhan, pembahasan yang seru bukan setelah sebelumnya kita membahas Perkembangan tumbuhan yuk mulai ORGAN TUBUH TUMBUHAN A.  STRUKTUR AKAR TUMBUHAN 1. Bagian-bagian akar Bulu akar berfungsi untuk menyerap air dan mineral dari dalam tanah. Tundung akar untuk melindungi akar pada saat menembus tanah. 2. Jenis-jenis akar a. Akar tunggang/ akar utama, yaitu kelanjutan batang tumbuhan yang berasal dari pertumbuhan calon akar pada biji (radikula) tumbuh tegak ke bawah. Contoh : mangga, jambu, jati, mahoni, melinjo, dan mawar. b. Akar serabut, yaitu akar berukuran kecil-kecil yang tumbuh di pangkal batang berbentuk seperti serabut