Langsung ke konten utama

Pentingnya Karbohidrat



Karbohidrat adalah sumber utama energi kita dan memberikan bahan bakar yang ideal bagi tubuh kita untuk berfungsi secara optimal, sama halnya seperti vitamin dan mineral. Mereka juga satu-satunya bentuk energi yang digunakan oleh otak. Pentingnya karbohidrat dapat dilihat dari definisinya dan oleh sebab itu akan terjadi hal-hal seperti berikut pada tubuh kita jika jumlah karbohidrat tidak memadai: terjadinya kerusakan jaringan otot, kelelahan, kekuatan otak akan berkurang.
Karbohidrat adalah makronutrisi yang kita butuhkan dalam jumlah besar. Menurut Dietary Reference Intakes yang diterbitkan oleh USDA menyebutkan bahwa 45% – 65% kalori harus berasal dari karbohidrat. Kita memerlukan karbohidrat dalam jumlah seperti ini karena pentingnya karbohidrat berikut:

·                     Karbohidrat adalah sumber utama bahan bakar bagi tubuh.
·                     Karbohidrat adalah energi yang mudah digunakan oleh tubuh.
·                     Semua jaringan dan sel-sel di dalam tubuh kita dapat menggunakan glukosa sebagai energi.
·                     Karbohidrat diperlukan untuk sistem saraf pusat, ginjal, otak, otot-otot (termasuk jantung) untuk berfungsi dengan baik.
·                     Kelebihan karbohidrat dapat disimpan dalam otot dan hati dan kemudian digunakan setelah diubah menjadi glikogen.
·                     Karbohidrat penting dalam kesehatan usus dan pembersihan limbah.
·                     Karbohidrat terutama banyak terdapat dalam makanan bertepung (seperti gandum dan kentang), buah-buahan, susu, dan yoghurt. Makanan lain seperti sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian mengandung karbohidrat tapi dalam jumlah yang lebih kecil.
Setiap gram karbohidrat yang kita konsumsi mengandung sekitar empat kalori. Ketika kita mengkonsumsi karbohidrat, enzim amilase akan mengubahnya menjadi glukosa, bahan bakar utama yang digunakan tubuh untuk daya semua aktivitas selular. Jika kita membatasi konsumsi karbohidrat (mengurangi jumlahnya), kita akan mengalami efek samping yang mana tubuh mencoba untuk beradaptasi dan melengkapi untuk kekurangan bahan bakar secara tiba-tiba. Sebagai hasilnya mungkin kita akan mengalami perubahan suasana hati, mual, pusing, lemah, dan depresi.
Pentingnya karbohidrat dapat dilihat dari paparan di atas. Dengan begitu kita harus memperhatikan asupan karbohidrat untuk tubuh kita agar kesehatan terjaga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BENUA ASIA

Benua Asia Asia merupakan benua terbesar dan berpopulasi terpadat di dunia dengan wilayah yang mencakup 8,6% permukaan Bumi yang meliputi 50 negara yang tersebar dari daratan luas Asia Kecil , Timur Tengah , hingga Samudera Pasifik . Sekitar 60% populasi dunia tinggal di Asia. Benua Asia dan Eropa merupakan benua yang terhubung lewat darat dan keduanya membentuk suatu benua raksasa yang disebut sebagai Eurasia . Batas antara Asia dan Eropa sangat kabur sehingga beberapa negara seperti Turki kadang-kadang dapat dimasukkan ke Asia maupun ke Eropa. Beberapa bentang alam yang sering dipakai untuk memisahkan kedua benua tersebut adalah Dardanella , Laut Marmara , Selat Bosporus , Laut Hitam , Pegunungan Kaukasus , Laut Kaspia , Sungai Ural (atau Sungai Emba ), dan Pegunungan Ural hingga Novaya Zemlya . Selain itu, Benua Asia dan Afrika juga memiliki perbatasan darat yang bertemu di sekitar Terusan Suez Pembagian Wilayah Benua Asia Terdiri dari lima  wilayah yaitu : Asia

KLASIFIKASI TUMBUHAN LUMUT DAN PAKU

Klasifikasi Tumbuhan Lumut Tumbuhan lumut diklasifikasikan menjadi tiga kelas, yaitu kelas Hepaticopsida (Lumut hati), kelas Anthocerotopsida (Lumut tanduk), dan kelas Bryopsida (Lumut sejati). Ketiga klasifikasi tersebut akan kita uraikan masing-masing dalam penjelasan berikut ini beserta dengan gambarnya. 1.        KELAS HEPATICOPSIDA (LUMUT HATI) Kelas Hepaticopsida meliputi 300 genus dan 6.000 spesies yang umumnya terdapat di daerah tropis dan daerah beriklim basah. Secara umum, lumut hati dibagi menjadi dua kelompok, yaitu Jugermanniidae yang berdaun dan Marchabtiopsida yang bertalus. a.        Kelompok Jugermanniidae Kelompok lumut hati berdaun terlihat sangat mirip dengan lumut pada umumnya. Jenis lumut ini mempunyai daun yang lebih sederhana dari lumut dan tidak memiliki tulang tengah yang disebut  costa.   Tangkai dari sporofitnya berwarna transparan (bening) sampai ke arah putih. Sporofit dari lumut hati mempunyai struktur sederhana yang terdiri
Struktur dan Fungsi Organ pada Tumbuhan Struktur dan Fungsi Organ pada Tumbuhan – Assalammu’alaikum, pagi yang indah, waktu yang cukup tepat untuk kita belajar, karena di pagi hari energi kita masih terkumpul , dan masih fresh,, pelajaran Biologi umum yang akan kita pelajari hari ini adalah Struktur dan fungsi organ pada tumbuhan, pembahasan yang seru bukan setelah sebelumnya kita membahas Perkembangan tumbuhan yuk mulai ORGAN TUBUH TUMBUHAN A.  STRUKTUR AKAR TUMBUHAN 1. Bagian-bagian akar Bulu akar berfungsi untuk menyerap air dan mineral dari dalam tanah. Tundung akar untuk melindungi akar pada saat menembus tanah. 2. Jenis-jenis akar a. Akar tunggang/ akar utama, yaitu kelanjutan batang tumbuhan yang berasal dari pertumbuhan calon akar pada biji (radikula) tumbuh tegak ke bawah. Contoh : mangga, jambu, jati, mahoni, melinjo, dan mawar. b. Akar serabut, yaitu akar berukuran kecil-kecil yang tumbuh di pangkal batang berbentuk seperti serabut